Resep keripik bawang

image

Resep keripik bawang ini enak..pas gurihnya dan relatif cepat bikinnya. Saya pakai alat utk giling mie..jadi spy gampang bentuknya panjang2 gini aja ngga dibentuk kotak2 lebar kyk keripik bawang pd umumnya. Yg penting kan rasanya yaa😉

Saya udah 2 kali bikin pakai resep ini dan langsung bikin 5 resep jd terigunya 1 kg. Bahan2 lainnya juga ditambah sesuai dgn perbandingannya. Yg pertama saya pakai seledri dan daun bawang. Resep yg kedua saya pakai daun bawang aja. Kalo mnrt saya sih lbh enak yg daun bawang aja..tp itu selera masing2 sih. Tipsnya untuk bikin keripik bawang ini di proses ngaduk adonannya harus sampai kalis. Tapi krn bikin sekilo kalo ngaduk pakai tangan kan berat n lama jg tuh. Jd saya ngakalinnya pas penggilingan adonan di mesin pembuat mienya. Sebelum dipotong kecil2 adonan digiling berupa lembaran dulu berkali2 sampau adonan terlihat halus,  tercampur rata dan warnanya agak keputihan. Kalo udah sampai begini baru kita masukan ke alat pemotongnya atau potong2 sendiri sesuai selera. Nanti hasil gorengannya akan mekar dan garing. Ini resepnya ya..

By : Fah Umi Yasmin

Bahan dan bumbu :

200 gram tepung terigu
50 gram tepung kanji
1 butir telur yang kecil / 45 ml
50 ml air
2 batang daun seledri yang diiris tipis / daun bawang
50 gr margarin

Minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu halus :

4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/4 sdt penyedap rasa
3/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
11 btr merica hitam
Semua bahan diulek

CARA MEMBUAT KUE BAWANG :

Kocok lepas telur dimangkok pake garpu, kocok sampai rata.
Campur rata kedua jenis tepung, masukkan kocokan telur, bumbu halus, air, sladri, uleni sampai adonan rata dan kalis sehingga mudah dibentuk.
Giling adonan hingga pipih, gunakan cetakan stik atau potong sesuai selera, kalo pake gilingan, balur tepung, biar ga lengket.
Goreng dengan minyak yang panas, kecilkan api, sambil disiram”, biar busa ga naik, setelah itu baru pake api sedang sampai matang, begitu seterusnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s