Membuat roti tanpa ulen alias No knead bread

image

Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga makan roti homemade buatan sendiri. Selama ini cuma mimpi ga nyangka bakal kejadian hehehe…

Ini pertama kalinya saya bikin roti. Selama ini selalu menganggap bikin roti itu susah..capek..musti pake mixer khusus klo nggak ngulen adonannya hrs bener2 ok. Blm lg sering denger cerita roti yg dibikin pemula itu suka keras. Makin gak punya nyali saya utk nyoba aja.

Akhirnya bbrp bulan lalu mulai dengar istilah no knead bread alias roti tanpa ulen..wahh tertarik bgt buat nyobain. Stlh browsing2  di internet hati saya tertambat pd 1 resep disini. Keliatannya gampang dan tampilan rotinya pun ok bgt.

image

Ini resepnya
Bahan :
120 ml susu
100 ml air
40 gr gula pasir halus (bisa diblender dulu)
4 gr garam halus
6 gr ragi instan
260 gr tepung terigu protein tinggi
40 gr tepung terigu protein sedang
30 gr mentega cair

Isian :sesuai selera, bisa coklat, aneka selai, keju atau daging
Olesan :1 kuning telur + 1 sdm susu cair

Cara Membuat :
– Tuang susu dan air dalam mangkok, kemudian masukkan gula dan garam. Aduk hingga gula larut.
– Taburkan ragi instan pada mangkok tersebut dan diamkan 5 menit. Jika ragi sudah tercampur dengan air, aduk dengan sendok hingga larut.
– Masukkan campuran terigu yang sudah diayak, lalu aduk menggunakan sendok kayu hingga membentuk adonan yang kenyal.- Masukkan mentega cair dan aduk hingga rata. Tekstur adonan akan basah dan lengket.
– Tutup mangkok dengan plastik wrap atau bisa juga menggunakan serbet bersih. Fermentasikan selama 20 menit.
– Setelah 20 menit, taburi tangan dengan tepung terigu dan kempiskan adonan. Balik adonan bagian bawah dan bentuk bulat. Fermentasikan lagi selama 20 menit. Ulangi proses fermentasi ini selama 3x.- Setelah 3x proses fermentasi, adonan bisa disimpan di kulkas selama 5-6 jam atau semalaman. Kalau mau langsung dibentuk dan dioven juga bisa ya.
 – Keluarkan adonan dari kulkas, kempiskan dan dibagi menjadi beberapa bagian. Aku timbang @50 gr dan dibulatkan kembali. Diamkan selama 15 menit.- Adonan siap diberi isian
– Tata adonan di loyang yang sudah dioles margarin.- Beri bahan olesan dan panggang suhu 190’C selama 15 menit.- Setelah dikeluarkan dari oven, panas-panas oles dengan butter. Siap disajikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s