homemade mie

Proyek dapur kali ini adalah mewujudkan cita2 bikin mie homemade sekaligus jd ajang eksperimen bikin mie utk 2 balita😀

Mesin pembuat mie/pasta ini udah lamaa nangkring di lemari. Sekitar 3 thn yg lalu saya beli (merk vicenza harga sekitar seratus ribu sekian) cuma kepake 1 kali bikin keripik bawang. Skrg kedua kalinya saya pakai alat ini dan alhamdulillah kondisinya msh bagus (yaiyalah cm dipake 1x) maksudnya gak ada karat2 dsb. Oia alat ini jangan dikenain air ya, bersihinnya emg agak makan waktu. Tiap habis pakai kita musti jeli sama adonan yg suka nyisa n nempel di bagian dalam pemotongnya. Instruksinya sih pakai kain lembab ama kuas aja buat bersihinnya.

Setelah nyiapin bahan2, masang alat (yg langsung jd wahana rebutan anak2 buat mutar tuasnya), langsung bikin adonan. Sebenernya sih bisa lah maksimal 2 jam (plus nyetak mie) kalo kita kerjain sendiri. Berhubung ‘dibantuin’ anak2 jd nggak selesai2, sampe 2 sesi disela harus boboin si dedek dulu. Akhirnya pas gelombang cetakan mie yg pertama jadi, langsung kita eksekusi jd mie rebus. Laperr.. Alhamdulillah enak hasilnya😀

Aku pakai resep ini :
1 kg tepung terigu protein tinggi
4 butir telur
250ml air (masukkan perlahan2. sambil adonan diuleni)
1 sdm peres garam
Tepung sagu/kanji utk bantu proses giling n cetak mienya.
Uleni adonan smp kalis, giling dari ketebalan besar-kecil, cetak mie. Masukkan plastik, simpan di kulkas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s