Hampir setahun gak posting disini. Semua waktu digunakan untuk menyambut, melahirkan dan mengurus si dedek baru : dedek Zahra🙂

Alhamdulillah proses kehamilan lancar, begitu juga dgn proses kelahirannya. Zahra lahir dgn proses normal tgl 25 April 2012 di RS Medika Permata Hijau dgn bantuan dr. Yasmina Ismail SpOG.
Terima kasih banyak utk dokter Yasmina udah ngebantu sehingga bs melahirkan scr normal. Cerita tiap persalinan pasti seru, heboh dan tak terduga. Begitupun dgn kelahiran zahra.

Ceritanya dimulai pd masa kehamilan zahra usia 27 minggu, bb janin dianggap kurang jd aku harus nge-boost gizi utk janin dgn makan byk protein. Emang sih awal2 kehamilan kedua ini aku gak suka makan daging2an, mual klo nyium bau atau ngebayangin rasanya. Makanan favorit adl sayur bening n tahu tempe. Tp ternyata keterusan sampe akhirnya ngaruh ke bb janin yg kurang dan Hb rendah.
Jd sama si dr aku harus makan daging merah, dada ayam dan protein2 hewani lainnya. Termasuk makan telor rebus pas bangun tidur (di luar sarapan) pokoknya sehari ada 2 telor rebus. Aku yg gasuka makan telor rebus akhirnya berusaha menikmati n lama2 jd suka jg😀
Jd katanya protein hewani itu lbh cepat naikin Hb dan bb janin dibanding yg nabati.
Akhirnya tugas naikin bb janin ini sukses! dan malah keterusan hehehe

Di minggu ke 38 ternyata aku udah masuk bukaan 1. Dah disuruh siapin tas perlengkapan persalinan. Bb janin udah setara dgn bb abangnya waktu lahir dulu, sekitar 3,3 kg. Tapi sampai 2 minggu berikutnya aku nggak mules2 jg. Akhirnya browsing ttg induksi2 alami, mulai dari aktivitas fisik yg ditambah (tp ga ampe over ya), byk jalan kaki n ngepel gaya inem (posisi membungkuk). Dulu sih aku gak percaya ama gini2an ya kalo udah waktunya lahir ya lahir aja, soalnya pengalaman si abang lahirnya pas bgt ama perkiraan. Tp ternyata udah sampe due date blm ada tanda2 kontraksi jg, mulai sutris saya hahaha. Justru katanya kan kita harus tenang, afirmasi positif dsb tp tetep aja deg2an terus. Tiap malem solat tahajud, yasinan, sedekah n zikir teruss minta diberi tanda2 akan melahirkan. Krn pinginnya melahirkan scr normal.

Akhirnya udah lewat seminggu dari taksiran hari lahir. Dokter udah ngejadwalin induksi. Aku yg parno krn denger2 induksi itu sakitnya pol bgt akhirnya berusaha pasrah nerima apapun yg akan terjadi. Sehari sebelum jadwal induksi kita kontrol utk terakhir kali, sampe suami n mertua ikut masuk ke dlm pgn tau progresnya. Akhirnya pas di usg janin bbnya udah 3,9kg huaaa…lgsg ga makan apa2 sampe besokannya (cm sayur n buah) krn batas utk melahirkan normal itu 4kg. Si dokter periksa dalem lg n agak ‘membuka’ jalan lahir, udah masuk bukaan 2.

Sampe rumah lgsg ngepelin seluruh rumah, pikirku usaha terakhir mdh2an bs nambah bukaan. Akhirnya diantara ketidakpastian dan kepasrahan jam 9 malem teng perut tiba2 kerasa nyeri, kontraksi! Alhamdulillah. Selanjutnya bukan mimpi (krn sempet ngerasa gitu hehe :p) sakit kontraksi yg melegenda itu berlanjutlah sampe akhirnya pergi ke RS jam 3paginya. Akhirnya lahirlah Zahra jam 6.30 pagi tepat saat jendela ruangan bersalin terang kena sinar matahari, alhamdulillah🙂

Dan sekarang zahra sudah menginjak 7 bulan🙂 makasih yah nak, udah bantuin ibu menemukan jalan lahirmu. Kamu memberikan pengalaman yg luar biasa indah utk ibu🙂 ibu sayang kamu.

5 thoughts on “Welcome baby Zahra :D

  1. oppie83

    Mel kayaknya lahiran elo lancar yah kalo dibandingin sama temen2 gw disini kayaknya masa alooohh sutrisno banget..Dari yg yoga yoga sepanjang mengandung tp yg jatoh2nya musti di caesar lah..trus ada jg yang udah di plan ampe detiiiilll bgt supaya ga rempong lahirannya eeehh malah pas lahiran jadi rempooong bgt…seneng mel dengerin semua lancar walopun sempet ada dag dig dug nya tp alhamdulillah ibu dan zahra nya sehat ya😀 Zahra senyum nya elo banget ya mel hehehe.

    Reply
    1. ibumemel Post author

      Pi, si arum malah sempet mangan soto dulu tuh bujud dah. Lahiran anak ke 2 sih emang katanya lbh lancar pi dibanding anak pertama. Pas akhtar dl jg gw lamaaa sehari semalem mulesnya😀

      Reply
  2. syifa

    Semalem gw dengerin kisah persalinan Arum, paginya baca ini. Yang atu malah masik sempet makan soto mie sebelum lahiran, yang eni ngepel seluruh rumah…awesome… bangga sama The G-Mommies nich…

    Reply
      1. oppie83

        Sumpah lo dia ma…dulu? Kok bisa yak? :p Wah gw masih nunggu kaya nya mel walau lucu juga kalo gw ma Joris punya baby😀 Yap nantikan saja premier nya yak? Hihihi..Syifa kapan niihh? <– ngeles.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s