Tips lancar ASI

Semua ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk memberikan ASI. Kenyataannya tidak semua ibu bisa lancar menyusui bayinya. Masalah bisa datang dari sang ibu sendiri, sang bayi maupun keadaan.

Secara umum problem menyusui berkisar pada air susu yang tidak lancar, puting yang bermasalah, bayi menolak menyusu dan keadaan yang kurang mendukung (ibu kerja kantoran, keluarga tidak mendukung ASI). Jika keadaan sekitar kurang kondusif maka dibutuhkan tekad kuat sang ibu untuk tetap menyusui bayinya.

Berikut ini tips2 agar lancar menyusui yang saya kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi, buku2 dan hasil browsing🙂

1. Niat

Berniat akan menyusui kelak setelah anak kita lahir perlu dilakukan sejak hamil (atau bahkan sebelum itu). Karena dengan berniat seperti ini maka secara otomatis akan menyiapkan mental kita, memotivasi diri kita sehingga kedepannya akan lebih mudah jika mengatasi hambatan.

2. Cari info ASI sebanyak2nya

Rajin2 cari buku tentang menyusui, browsing internet, pelajarin tentang pentingnya ASI dan ASI eksklusif (lagi2 ini akan nguatin tekad kita), hambatan dan trouble shootingnya. Saya dapetin rahasia sukses ASI juga dari sini.

3. Minta Dukungan

Ajari suami tentang istimewanya ASI (jika dia tidak tahu apa2 ttg keunggulan ASI sebelumnya), minta dukungan terutama dari orang tua dan ibu mertua. Tidak semua orang tua kita paham apa itu ASI eksklusif dan fakta2 terkini seputar menyusui. Alangkah enaknya jika dalam satu rumah semua anggota keluarga menciptakan lingkungan yg kondusif utk menyusui, contoh : ayah tidak merokok (apalg didepan bayi), orangtua ikut menyediakan cemilan2 utk ibu menyusui hehehe yummy😛

4. Rileks dan positive thinking

Hindari stress. Nikmati kegiatan menyusui, yakinlah ini adalah ‘kodrat sesungguhnya’ untuk apa payudara diciptakan. Percaya diri bahwa suplai ASI cukup, dan berbahagialah karena kita sedang memberikan makanan terbaik bagi buah hati kita🙂

5. Makan cukup dan bergizi

Jangan terlalu memikirkan berat badan setelah melahirkan, faktanya hisapan bayi saat menyusui membantu mengembalikan kondisi rahim seperti kondisi normal. Makan 4 sehat 5 sempurna, boleh juga ditambah sari kurma. Kurangi makanan olahan (tidak segar) seperti bakso, sosis, nugget, makanan kaleng. Pengalamanku sih, tiap habis makan tempe(kacang2an) ASInya jadi lebih banyak loh.

6. Sering menyusui

Ikuti permintaan bayi untuk menyusui, kapanpun dimanapun. Makin sering menyusui, makin banyak produksi susu.

One thought on “Tips lancar ASI

  1. Pingback: Persiapan untuk ibu yang ingin menyusui bayinya | Hello Motherhood!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s