Asiknya menyusui

Setelah mengalami sendiri, saya baru sadar ternyata aktivitas sehari2 seorang ibu sangat menyita tenaga dan pikiran. Ngurusin segala keperluan si kecil, mulai dari mandi pagi, pake baju, sarapan, jalan2, ajak main, dst sampai akhirnya tidur malam hari. Kebetulan saya tidak memakai jasa pengasuh anak, untuk anak pertama ini saya memang berniat untuk belajar mengasuh anak sendiri, supaya pas yg berikutnya udah jagolah hehehe… Dari semua aktivitas harian itu ada satu kewajiban yang paling saya sukai yaitu menyusui =)

Saat ini anak saya berusia 13 bulan , Alhamdulillah full ASI sampai sekarang..insya Allah bisa terus sampai 2 tahun nanti. Untuk selingan saya kasih anak susu UHT tapi nggak tiap hari, kalo dia lg mau aja. Menyusui buat saya adalah kewajiban yg menyenangkan. Bukan berarti menyusui adalah hal yg mudah ya…kendalanya banyak bgt apalg pas awal2, tapi makin kesini alhamdulillah udah tau selanya jadi terasa ringanšŸ™‚

Apa yg membuat saya suka menyusui? Pertama saya merasa bersyukur dan puas bisa menyusui anak saya, merasa sudah melakukan hal yg tepat…hal yg sangat didukung dari segi agama dan kesehatan. Kedua menyusui itu relaksasi, entah hormon apa yg bekerja tp saya merasa tenang dan santai saat menyusui. Ketiga saya merasa sangat dekat dengan anak saya, merasa kami sedang berkomunikasi dan saling memahami. Keempat rasanya bahagiaa lihat ekspresinya yg kekenyangan n puas habis nyusu…lucu bgt! Kelima saking rileksnya sering kali saya menyusui sampai tertidur (bersama anak saya), perfect endingšŸ˜›

Ada kutipan artikel bagus dari parentingislami

ASI selain memberikan nutrisi terbaik untuk perkembangan, juga mempunyai keuntungan lain. Proses menyusui akan memperkuat ikatan batin antara ibu dan anak. Ikatan batin yang erat, mesra dan selaras yang diciptakan lebih awal dan lebih permanen sangat penting, karena :
1. Turut menentukan perilaku anak di kemudian hari
2. Menstimulasi perkembangan otak anak
3. Merangsang perhatian anak terhadap dunia luar
4. Menciptakan kelekatan (attachment) antara ibu dan anak
5. Meningkatkan rasa kepercayaan diri anak

Saya senang seiring dengan berkembangnya teknologi, menjamurnya blog2 pribadi, banyak ibu2 muda (termasuk saya) yg makin terbuka wawasannya tentang betapa pentingnya ASI. Bukan berarti jadi anti-susu lainnya, tapi yang terpenting munculnya kesadaran tentang apa yg terbaik yg bisa kita berikan sebagai ibu, terutama di masa awal pertumbuhan anak. Jika memutuskan untuk menyusui jangan menyerah di tengah jalan, banyak cara agar anak kita tetap bisa mendapatkan hak nya (ASI). Jika tidak bisa menyusui secara langsung (karena kerja kantoran atau sebab lain), kita bisa memerah dan menyimpannya. Informasi detil tentang tata cara pemberian ASI dan tips2nya tersebar luas di internet. Ingin cari info tinggal klik ‘search’..nah selanjutnya tindakan apa yg akan diambil kembali ke ibu masing2.

Begitu juga dengan saya, selama ini pengetahuan tentang ‘dunia ibu’ lebih banyak saya dapatkan dari browsing sana sini terutama baca sharing-an ibu2 muda lainnya, banyak contoh pengalaman dan terasa lebih aktual. Semangat saya untuk terus menyusui si kecil juga karena baca2 postingan ibu lainnya tentang pentingnya ASI. So thanks a lot utk semua ibu2 bloger yg udah meluangkan waktu utk berbagi info (yang bisa aku contek tips2 n pengalamannya). Because sharing is caringĀ  =)

Leave a Reply

